Layanan Telematika  

10.11.14

Layanan Telematika adalah kegiatan penyediaan konektivitas dasar dan bandwidth yang mendukung beragam aplikasi dan memungkinkan komunikasi antar jaringan. 


  • Layanan Telematika di Bidang Layanan Informasi

Layanan informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat mengolah dan memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan perkembangannya. Secara umum agar terkuasainya informasi tertentu sedangkan secara khusus terkait  dengan fungsi pemahaman (paham terhadap informasi yang diberikan) dan memanfaatkan informasi dalam penyelesaian masalahnya.

Layanan informasi menjadikan individu mandiri yaitu memahami dan menerima diri dan lingkungan secara positif, objektif dan dinamis, mampu mengambil keputusan, mampu mengarahkan diri sesuai dengan kebutuhannya tersebut dan akhirnya dapat mengaktualisasikan dirinya.

Contoh penggunaan telematika di bidang layanan informasi antara lain seperti informasi cuaca, hiburan dan m-commerce dan informasi layanan jalan raya.
  • Layanan Telematika di Bidang Layanan Keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data. Layanan ini terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditing. Layanan ini melindungi sebuah informasi maupun data agar tidak mudah diambil atau diakses oleh pihak lain yang tidak berwenang. Peningkatan keamanan jaringan dapat dilakukan terhadap:
a.     Rahasia (Privacy)
        Dengan banyak pemakai yang tidak dikenal pada jaringan menyebabkan penyembunyian data     yang sensitif menjadi sulit.
b.    Keterpaduan Data (Data Integrity)
       Karena banyak node dan pemakai berpotensi untuk mengakses sistem komputasi, resiko korupsi data adalah lebih tinggi.
c.     Keaslian (Authenticity)
        Hal ini sulit untuk memastikan identitas pemakai pada sistem remote, akibatnya satu host mungkin tidak mempercayai keaslian seorang pemakai yang dijalankan oleh host lain.
d.     Convert Channel
        Jaringan menawarkan banyak kemungkinan untuk konstruksi convert channel untuk aliran data, karena begitu banyak data yang sedang ditransmit guna menyembunyikan pesan.

Contoh kasus:
Teknologi telematika dalam sistem keamanan ditanamkan pada mobil. Sistem keamanan ini menggunakan password untuk mengakses sistem dealership’s web-based untuk menggerakkan sistem immobilization terhadap 100 mobil. Sistem ini diinstal oleh Texas Auto Center tujuannya adalah mengaktifkan kepemilikan lebih mudah jika pembeli gagal untuk melakukan pembayaran (melewati batas pembayaran) .

Dengan adanya sistem ini maka pembeli yang melewati pembayaran tidak akan bisa mengendarai mobil mereka selama 5 hari, sampai dealer dari ATC me- reset ulang semua usernames dan password pada sistem.
  • Layanan Telematika di Bidang Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,  pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga  pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.

Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.


Kelebihan Layanan Telematika
  1. Di bidang informasi, layanan telematika berperan besar dalam kemudahan mengakses informasi bagi user (masyarakat) yang membutuhkan. Dengan didukung teknologi mobile yang semakin mudah pula dijangkau bahkan oleh masyarakat menengah ke bawah, layanan telematika cukup berperan dalam mengembangkan pola pikir dan gaya hidup masyarakat.
  2. Di bidang keamanan, layanan telematika sangat berperan untuk mengurangi pencurian data, pengaksesan sistem informasi secara ilegal, dan lain-lain.
  3. Pada layanan context aware dan event base, pengguna dapat membuat sistem yang bersifat otomatis dengan memasukkan parameter-parameter sebagai data user, preferensi user sebagai kemampuan dalam memberikan keputusan yang cepat dan akurat.
  4. Dalam layanan perbaikan sumber, layanan telematika berperan dalam meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.

Kekurangan Layanan Telematika
  1. Penggunaan layanan teknologi untuk mengakses informasi dengan tidak bijak atau sewenang-wenang tanpa pengawasan dapat berdampak buruk pada pembentukan karakter dan moral.
  2. Layanan telematika di bidang keamanan berpotensi menimbulkan kerugian apabila ditemukan celah keamanan pada sistem oleh para cracker/hacker.
  3. Pada layanan context aware dan event base, adanya masalah-masalah yang timbul karena parameter dan data yang tidak sesuai dengan permasalahan yang ada sangat berpotensi menimbulkan kerugian.
  4. Tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal akan sulit tercapai jika tidak sungguh-sungguh didukung oleh SDM yang kompeten.
Saran
Dalam kehidupan modern sehari-hari, layanan telematika pada dasarnya sangat tepat dan efektif digunakan bagi masyarakat karena dapat mempermudah segala aktifitas untuk mencapai tujuannya. Namun seperti dampak teknologi lainnya, pemanfaatan layanan telematika juga dapat berakibat tidak baik jika tidak diimbangi dengan aturan dan kontrol dari pihak yang berwenang, dalam hal ini pemerintah. Dengan adanya RUU Konvergensi Telematika, semoga pemerintah dapat mengatur layanan telematika di Indonesia tanpa mengabaikan hak-hak warga negaranya. 

Peran orang tua juga sangat vital dalam menangani kebebasan internet ini, agar para anak-anak dan remaja tidak terjerumus kedalam hal yang kurang benar.
Selengkapnya...

AddThis Social Bookmark Button

Pengertian Telematika  

13.10.14

Pengertian Telematika
Telematika adalah istilah untuk mendefinisikan telekomunikasi melalui media informatika. berdasarkan definisi di atas telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu telekomunikasi dan informatika. karena kekhususan penelitian dalam bidang penelitian seperti Digital signal processing, Network programming, Managemen Telekomunikasi, Routung, security, dll. Sentral telepon. router, switch, VolP dll. Interoperabilitas: pensinyaalan, operating system dan database. Fiber optics, Network performance dan Qos. Pengembangan software, dll.

Lebih Jelas mengenai Telematika
Pertama kali istilah Telematika digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978.
Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.

Kelebihan dan Kekurangan Telematika
Kelebihan telematika.
Telematika telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas yaitu dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet. Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.
Kekurangan Telematika
1.      banyak kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
2.      Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.


Saran
Di Era yang semakin berkembang ini, setiap masyarakat setidaknya harus mengetahui tentang internet walaupun sedikit, karena di internet juga lah segala sumber pengetahuan hingga sumber kejahatan ditemukan. Saran saya mengenai hal ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk orang muda, hendaknya memberikan informasi kepada generasi tua setidaknya mengenai perkembangan yang ada sekarang, dan jenis jenis kejahatan yang ada di internet, agar bisa mengurangi dampak buruk telematika. Memberikan pelajaran kepada generasi yang lebih muda mengenai yang mana yang baik dan yang mana yang buruk, tidak malah merusak generasi yang lebih muda.
2.      Untuk Para orang tua, pantau terus kondisi anak, jangan sampai anak kita buta internet agar tidak ketinggalan zaman, tapi jangan sampai juga gara-gara internet anak-anak kita kehilangan sosialisasi dengan kehidupan luar.
3.      Pemerintah harusnya juga tanggap mengenai ini, beri investasi besar untuk kaum muda untuk mengembangkan suatu produk yang berkaitan dengan telematika yang berguna bagi Indonesia, agar Indonesia makin maju.
Selengkapnya...

AddThis Social Bookmark Button

Design by Amanda @ Blogger Buster