Ilmu Budaya Dasar Sebagai Mata Kuliah Dasar Umum  

31.3.12

1. Pengertian dan Tujuan Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

a. Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Berasal dari Bahasa Latin Humanus yang berarti manusia, berbudaya dan halus. Diharapkan dengan mendapatkan materi Ilmu Budaya Dasar ini, mahasiswa dapat mengetahuai hakikat-hakikat manusia lebih dalam yang tidak pernah terlepas dengan kebudayaan.


b. Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian jelaslah bahwa mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities). akan tetapi ilmu budaya dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cam memperluas wawasan pemikiran serta kemarnpuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

Untuk dapat menjangkau tujuan tersebut, maka Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :

> Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang benar.

> Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemánusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.

> Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.

> Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memilki satu bekal yang sama, pars akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.


c. Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial

Kita telah lama juga mempelajari tentang Ilmu Pengetahuan Sosial, bahkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar kita sudah di ajarkan tentang Ilmu Ini, Sebenarnya seberapa pentingkah ilmu ini? Ilmu ini sangatlah penting, karena ilmu ini adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalahmasalah sosial yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial.

Ilmu sosial, dalam mempelajari aspek-aspek masyarakat secara subjektif, inter-subjektif, dan objektif atau struktural, sebelumnya dianggap kurang ilmiah bila dibanding dengan ilmu alam. Namun sekarang, beberapa bagian dari ilmu sosial telah banyak menggunakan metoda kuantitatif.

Beberapa Cabang dari Ilmu pengetahuan Sosial:

> Antropologi, yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu

> Ekonomi, yang mempelajari produksi dan pembagian kekayaan dalam masyarakat

> Sejarah, yang mempelajari masa lalu yang berhubungan dengan umat manusia

> Dll.


d. Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial

Beberapa tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial :

> Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

> Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian warga Indonesia agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.

> Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka.


2. Persamaan dan Perbedaan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial sangat erat sekali hubungan antara keduanya, berikut adalah hubungan IBD dan IPS secara global yang dirangkum dan menghasilkan Persamaan dan Perbedaan antara kedua Ilmu tersebut :


a. Persamaan IBD dan IPS

Sama-sama ilmu yang mempelajari tentang masalah-masalah manusia baik dalam budaya maupun lingkungan sosialnya.

Memang secara khusus IBD lebih mengacu kebudayaan manusia, sementara IPS lebih menjurus ke kehidupan sosial masyarakat. Tetapi adakalanya Kebudayaan di suatu tempat pasti dipengaruhi oleh lingkungan sosial di tempat tersebut, sebagai contoh orang yang lingkungan sosialnya kebanyakan orang yang mengerti hal-hal mistis akan lebih cenderung menjadikan suat tempat sebagai keramatnya. Sementara itu adakalanya juga Lingkungan Sosial dipengaruhi oleh kebudayaan, seperti saat orang tinggal di sebuah kerajaan, lingkungan sosialpun akan seperti mengenal adanya penggolongan manusia dll.


b. Perbedaan IBD dan IPS

jika ilmu budaya dasar mempelajari tentang masalah manusia yang berkaitan dengan budaya dan dasar-dasarnya , sedangkan ilmu pengetahuan sosial mempelajari tentang masalah manusia dengan lingkungan sosialnya.

Seperti yang sudah dijelaskan di persamaan IBD dan IPS, yang berbeda dari kedua ilmu ini adalah penekanannya, yang satu lebih ke sektor budayanya dan yang satu lebih ke Lingkungan sosialnya.


3. Ruang Lingkup IBD dan IPS

a. Ruang Lingkup IBD

Ada 2 masalah pokok dalam pembelajaran Ilmu Budaya Dasar ini, yaitu :

> Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya

> Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Dilihat dari kedua masalah tersebut Ilmu Budaya Dasar mempunyai ruang Lingkup Pembelajarannya, antara lain :

> Manusia dan Cinta Kasih

> Manusia dan Penderitaan

> Manusia dan Keadilan

> Manusia dan Pandangan Hidup

> Manusia dan Tanggung Jawab Serta Pengabdian

> Manusia dan Kegelisahan

> Manusia dan Harapan


Diharapkan dengan mempelajari hal-hal tersebut 2 masalah pokok kebudayaan bisa kita atasi dengan langkah yang tepat.


b. Ruang Lingkup IPS

Sebenarnya Masalah yang dihadapkan di Ilmu Pengetahuan hampir-hampir mirip dengan yang dihadapkan di IBD hanya saja berbeda langkah pembelajarannya.

Di IPS kita mempunyai langkah-langkah sebagai berikut:

> Mempelajarai adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.

> Mempelajari adanya masalah individu dan masyarakat.

> Mengkaji masalah kependudukan dan sosialisasi.

> Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara.

> Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.

> Mempelajari masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.

AddThis Social Bookmark Button

Design by Amanda @ Blogger Buster